Panduan Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula

11/07/2020
Panduan Belajar Kunci Gitar Untuk Pemula

Belajar kunci gitar sebenarnya bukan hal yang sangat sulit jika tahu cara menaklukkannya. Kunci gitar atau yang biasanya disebut dengan Chord memang sangat banyak jika ingin dihafalkan. Tidak perlu langsung menghafal semuanya, cukup mulai dari kunci - kunci yang sering dipakai di beberapa lagu saja, dan selanjutnya mainkan lagu - lagu lainnya. Semakin banyak lagu yang dimainkan, semakin kaya pula pengetahuan tentang kunci gitar. 

Struktur Nada Pada Gitar

Sebelum membahas tentang kunci gitar, kenali dulu nada yang ada pada gitar dengan 6 senar. Senar 1 dimulai dari yang paling bawah atau senar yang paling kecil, sedangkan senar ke-6 adalah senar yang berada paling atas atau yang paling besar.

 

Gambar di atas adalah potongan setang gitar akustik dengan string nomor 1 (yang paling kecil) ada di bawah dan senar nomor 6 (paling besar) ada di paling atas. Nada senar standard dari nomor 1 hingga 6 tanpa ditekan apapun di grip adalah E - B - G - D - A - E.  Informasi huruf yang berwarna biru di atas string pada beberapa kolom adalah nada yang dihasilkan jika jari menekan tepat di atas titik tersebut. Contohnya jika string nomor 6 pada fret (kolom) 1 ditekan maka akan mengasilkan nada F. Contoh lainnya jika senar nomor 5 ditekan pada fret 3 akan menghasilkan nada C.

Kunci Gitar Apa Saja Yang Perlu Dihafal?

Kunci gitar atau Chord tersusun atas beberapa nada yang dibunyikan secara bersamaan. Nada - nada yang menyusun suatu Chord ada rumusnya, rumus inilah yang sebaiknya diingat agar lebih mudah untuk belajar kunci gitar yang lebih rumit. Namun untuk mempelajari kunci gitar pertama kali, hafalkan beberapa kunci gitar berikut :

  1. Chord C
    Chord C tersusun dari nada C, E, dan G.  Cara memainkannya tekan senar 2 dengan jari telunjuk, jari tengah menekan senar 4, dan jari manis pada senar ke-5. Sama seperti yang ditunjukkan dalam diagram chord di bawah ini :
     
    Diagram chord di atas membacanya seperti gitar dalam posisi berdiri. Angka 1, 2, 3 adalah posisi jari, 1 untuk jari telunjuk, 2 jari tengah, 3 jari manis, dan 4 untuk jari kelingking. Untuk kunci gitar C ini tempatkan jari telunjuk di senar nomor 2 fret 1, jari tengah di senar 4 fret 2, dan jari manis di senar 5 fret 3. Bunyikan senar 1 sampai 5 secara bersamaan dan akan terdengar bunyi nada C, E, dan G. Senar 1 menghasilkan nada E, senar 2 C, senar 3 G, senar 4 E, dan senar 5 C.
  2. Chord Dm
    Chord  Dm terdiri dari nada D, F, dan A.

    Senar 5, dan 6 tidak dibunyikan. Posisi jarinya, tulunjuk menekan string pertama fret pertama, jari tengah berada di senar 3 fret 2, dan jari manis di senar kedua fret ketiga.
  3. Chord D

    D Mayor hampir mirip dengan Dm (D minor), hanya saja D Mayor tidak menggunakan nada F. Nada penyusunnya adalah D - F# - A.
  4. Chord Em

    Em hanya memerlukan 2 jari yakni jari tengah di senar 5 fret 2 (nada B)  dan dan jari manis di senar 4 fret 2 (nada E). 
  5. Chord E

    Seperti pada chord Em, tambahkan jari telunjuk untuk menekan senar 3 di fret pertama (nada G#) untuk menghasilkan nada E atau E Mayor 
  6. Chord F

    Bagi pemula biasanya sering kesulitan dengan kunci gitar F karena jari telunjuk harus menekan senar 1 fret 1 (nada F) dan senar 2 fret 1 (nada C) secara bersamaan. Jari tengah ada di senar 3 fret 2 (nada A), dan jari manis berada di senar 4 fret 3 (Nada F).
  7. Chord G

    Kunci gitar G dibentuk dari 3 nada yakni G-B-D. Jari telunjuk berada di senar 5 fret 2 (nada B), jari tengah kemudian menekan senar 6 fret 3 (nada G), dan jari manis di senar 1 fret 3 (nada G).
  8. Chord A

    Untuk kunci gitar A atau A mayor membutuhkan 3 jari dalam fret yang sama untuk memainkannya. Posisi jari telunjuk berada pada senar 4 fret 2 (nada E), jari tengah pada senar 3 fret 2 (nada A), dan jari manis untuk senar 2 fret 2 (nada C#). 
  9. Chord Am

    Kunci gitar Am atau A minor terdiri dari 3 nada yaitu A-C-E. Posisi jari telunjuk berada pada senar 2 fret 1 (nada C), jari tengah pada senar 4 fret 2 (nada E), dan jari manis ada di senar 3 fret 2 (nada A). 
  10. Chord Bm

    Perlu lebih banyak latihan untuk dapat membunyikan chord Bm karena agak lebih sulit daripada chord F dan keempat 4 digunakan semua. Untuk kunci gitar Bm ini jari telunjuk harus menekan senar 1 hingga 5 secara bersamaan di fret kedua. Selanjutnya jari tengah berada di atas senar 2 fret 3, jari manis di senar 3 fret 4, dan terakhir jari manis menekan senar 3 fret 4.

Mulai Strumming dan Berpindah Kunci

Strumming adalah membunyikan beberapa senar secara bersamaan, istilah lainnya yang sering kita dengar ialah genjrengan atau kocokan. Gerakan strumming bisa naik (Upstroke) dan bisa juga turun (Downstroke), sebagian besar lagu memakai kombinasi naik dan turun. Tidak wajib memakai Pick untuk strumming, hanya saja untuk gitar elektrik lebih baik strumming memakai Pick agar jari tidak terluka karena senar gitar elektrik lebih kecil dan tajam daripada gitar akustik.

Latihan strumming pertama kali bisa dicoba dengan Downstroke. Tangan kiri dalam posisi kunci C (gunakan tangan sebaliknya jika left handed), dan tangan kanan bunyikan senar dari atas (senar 5) menuju ke bawah (senar 1), lakukan terus menerus sampai merasa nyaman. Langkah selanjutnya lakukan Downstroke tersebut untuk kunci - kunci yang lain.

Saatnya berlatih Upstroke, masih dengan kunci gitar C bunyikan senar dari nomor 1 (paling bawah) naik ke atas sampai senar ke-5. Lakukan juga sampai merasa terbiasa dengan kunci - kunci yang lain. 

Gabungkan Downstroke dan Upstroke dengan hitungan Down - Up - Down - Up 2 kali lalu pindah kunci, begitu seterusnya sampai lancar.

Berlatih Memainkan Lagu

Berlatih memainkan lagu akan memperlancar perpindahan kunci gitar. Pilihlah lagu dengan variasi kunci gitar yang tidak terlalu banyak. Contoh lagunya Anji yang berjudul Dia dan mainkan dengan nada dasar C. Nantinya hanya akan memerlukan perputaran kunci C - Dm - Em - F - G.

 
Mulai dari awal lagu gunakan teknik strumming Downstroke 2 kali lalu pindah kunci gitar. Pastikan perpindahan kunci gitar tepat di atas huruf pada lirik, contoh "di suatu hari tanpa", strumming pertama kunci C tepat pada kata "ua" dan kunci G tepat pada kata "tan".

Lebih lengkap untuk kunci gitar lagu Dia bisa di lihat di https://www.kuncilagu.net/kord/anji/chord-gitar-anji-dia.

Mainkan Lagu Dari Beberapa Genre

Jika belajar perpindahan kunci gitar sudah lancar dan tangan kanan kiri sudah bisa berkoordinasi dengan baik maka berlatihlah memainkan lagu - lagu yang lain. Lebih baik lagi jika kemudian mau memainkan jenis genre yang lain. Tujuannya adalah agar lebih banyak referensi strumming (seperti teknik palm mute, syncope) serta terbiasa menggunakan kunci gitar yang bervariasi.

Selanjutnya tidak hanya berakhir sampai di sini saja, masih banyak yang perlu dilatih selain ketrampilan tangan yakni telinga agar lebih peka terhadap nada sehingga lebih mudah dalam mencari kunci gitar sebuah lagu. 

Akhirnya, Selamat Berlatih !.